Tuesday, July 3, 2012

Jakarta aku datang....

Kesempatan untuk datang ke Jakarta dan tinggal sementara (sangat sementara, hanya 1 bulan dan 1 minggu) adalah karena kewajiban untuk melakukan magang di semester 7.

Magang adalah mata kuliah wajib yang harus di ambil untuk bisa skripsi dan lulus dari jurusan Ekonomi Pembangunan, FE UNS. Magang nggak ditentuin kampus. Kita bisa milih sendiri perusahaan atau instansi tempat magang kita begitu juga waktunya.

Setelah mempertimbangkan baik - buruk dan keuntungannya (sesuai standart anak muda jaman sekarang, yaitu tempat rekreasi dan belanja), aku dan temanku (yuca.red) memutuskan untuk magang di kementerian perdagangan yang ada di Jakarta Pusat. Kita memutuskan untuk magang di Kemendag bukan cuma karena mau senang - senang aja, tapi juga pemikiran jurusan dan interest kita. Kita mendaftar untuk magang di kemendag untuk magang tanggal 1 Juli - 31 Juli 2012. Sekali lagi, kita nggak asal milih tanggal, kita milih tanggal itu karena kita udah kelar semua ujian, jadi kita udah nggak ada tanggungan.

Unfortunately, manusia cuma bisa berencana tapi semua emang tergantung tuhan. Ternyata ujian di FE UNS diudur 2 minggu karena banyak dosen yang belum memenuhi kuota mengajar. Hah! Salah siapa coba? Siapa suruh mereka sering pergi dan nggak ngajar? Salah mahasiswa kah? Salah jadwal kah? Tau deh. Emosi sendiri kalau nginget itu. Then, Ujianku sih nggak masalah, tapi Yuca ada masalah sama dua dosennya. Setelah semangat pantang menyerahnya, akhirnya semua terlewati dengan aman. Alhamdulillah...

So... aku dan yuca (di singkat Kami / kita) berangkat ke Jakarta satu minggu sebelum mulai magang. Kenapa? karena kita berdua tipe orang melankolis yang harus merencanakan segala sesuatu. Jadi pembagian seminggu itu :

2 hari 1 malam di perjalanan Solo - Depok (kita tinggal sementara di Depok)
1 hari istirahat
1 hari konfirmasi ke tempat magang
1 hari cari kos
1 hari pindahan kos
1 hari mengenal lingkungan sekitar (kalo di SMA namanya mirip sama MOS, di Universitas namanya Ospek)

Hari senin, kita sudah siap berangkat ke Kemendag untuk Magang hari pertama.

Magang hari pertama dilalui dengan perkenalan Kementerian Perdagangan lalu Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional selanjutnya bagian program dan kelembagaan, terakhir dimana kita di tempatkan, yaitu sub bagian Penyusunan Program. Sementara kita dapat meja satu untuk berdua (persis kayak pas SD - SMA). Kita membaca dan tentu saja, karena kita berdua rajin, kita mencatat semua istilah yang nggak kita ngerti untuk di tanyakan ke pembimbing institusi yang kebetulan saat itu masih izin nggak masuk.

Semoga magang kita lancar, berkah, barokah, sakinah, mawaddah. Amin....

13 comments:

  1. aku pikir cuman kampusku yg dosennya suka ngulur2 waktu ujian...ternyata di jawa ada juga toh...jiiaahh tooosss ama sist yuyun...hehehehe,,,

    ReplyDelete
  2. Ouch... kegalauan mahasiswa

    apalagi dosen-dosen di kampusku itu banyak yang sering dapat job atau penelitian jadi mahasiswa-nya di tinggal. Ada juga yang ngajar cuma buat 'selingan' jadi ya gitu deh akhirnya. Cuma bisa berserah diri. hahaha

    ReplyDelete
  3. salam kak, saya juga mahasiswa ekonomi dari UNS pula, jurusannya sama pula
    dan magang saya di juga di Kemendag, tp di Biro Hukum
    kalo boleh tahu nih pengalaman magang di Kemendag kayak gimana sih kak?? tolong bagi pengalamannya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. magangnya di mana aja kayaknya sama. Kerjaannya cuma membaca jadi kalau pengen dapat pengalaman lebih emang harus aktif mencari sendiri, Mumpung ada sumber langsung. Kalau mau rekam aja apa jawaban pertanyaan dari mereka. Terus, tanya ada acara apa aja selama kita magang, kalau bisa ngotot aja ikut serta entah jadi peserta atau bantu jadi panitia. contohnya kemarin itu di bagian magang aku, DJPEN ada acara penyusunan RKAKL dan Pemantapan Perencanaan Anggaran.
      Dengan ikut dua acara itu, aku bisa mengerti bagaimana sebenarnya kementerian membuat perencanaan anggaran (sumpah, menarik banget dan agak ngagetin juga gimana 'asli'-nya anggaran di buat). Dua minggu terakhir sebelum magang, lebih baik udah siap - siap bikin laporan supaya bisa dapat isi lebih bagus.

      Delete
    2. wah cuma mbaca?? kegiatan lain ada gak kak?

      ooo brati kalo pengen bener2 berasa kerja harus aktif trus nyari kegiatan ya kak?
      kalo dulu pas magang di biro kakak ada brp orang?
      trs pas akhir magang buat semacam laporan untuk kemendag gak?
      maaf kalo banyak nanya ehehehe, mohon bantuannya

      Delete
    3. Iya. sepertinya itu karena kita ada di institusi pemerintahan. sama seperti magang di BI, Perpajakan, dsb. Dari cerita temen-temen aku, semuanya ya baca-baca aja. Mengerti bagaimana kementerian,khususnya bagian magang, bekerja.
      Waktu itu cuma ber-2 aja. Untuk laporan sih enggak tapi aku sm temenku inisiatif aja, buat kenang-kenangan gitu supaya di ingat. hehehe...
      Waktu itu sih aku di kasih kerjaan juga sm kepala sub bagian tempat aku magang untuk bantuin rekap data dan menghubungi setiap dinas perdagangan di indonesia tapi itu juga karena aku lumayan dekat sama beliau. jadi tips yang lain adalah: akrabkan diri dengan semua orang di bagian kita magang. jangan malu-malu, mereka semua care kok sama anak magang :)
      nggak papa kok, seneng malah bisa bantu. Kalau mau tanya yang lain bisa e-mail ke styuyun@gmail.com
      Semangat magangnya :D

      Delete
    4. wah oke deh kakak
      untungnya ada yang share pengalaman magang di kemendag kaya kakak, lumayan ada gambaran buat besok magang
      bulan sm rentang waktunya juga sama kak ehehhe
      kalo soal seragam gmn kak? bebaskah?
      full time work?

      Delete
    5. iya, dulu aku sm temenku juga nyari - nyari pengalaman yang lain tapi sayang nggak nemu jadi kita ber-2 nekat dan sok asik aja ke kementerian perdagangan. Kamu sendiri atau sama temen?
      Seragamnya : karena udah selesai seragam kementerian (warnanya biru tua hampir hitam) dulu aku pakai celana kain sm blezer hitam, yang penting hitam-hitam. Kalau nggak gitu coba kamu tanya aja harus pakai seperti apa. Penting: pakai celana atau rok kain. Sepatu : pakai yang belakangnya ketutup, tahu kan? Nggak perlu pantofel cewek, heels biasa juga boleh asal belakangnya ketutup.
      Kita full time work, jangan sampai telat ya dan kalau pulang terakhir nggak papa. untung - untung dapat jatah makan sore gratis.

      Delete
    6. ooo oke deh kakak
      ni sebenernya berlima kak, 3 di pusat + 2 lagi di depok
      mmmmm aku cowok kak eheheheh
      tp sip deh dapet info banyak banget dari kakak
      makasih banget ya kak :D

      Delete
    7. Ups, sorry. Kita orang indonesia sih ya jadi nggak ada He or She jadi nggak bisa tahu lagi ngobrol sama cowok atau cewek. :P

      Sama-sama :D

      Delete
  4. hallo kak,

    saya Ariane dari jurusan Ilmu Ekonomi Unpad semester 7, mau menanyakan apa sajakah persyaratan yang dibutuhkan untuk magang di Kementerian Perdagangan?

    terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Halo, kak. saya mau bertanya kapan kakak melakukan pengajuan magangnya sampai akhirnya direspon dan bisa menentukan waktu magangnya, Trims :)

    ReplyDelete
  6. HALO KAK .. Aku juga dari UNS Lho tapi aku FISIP sih .. hehe..mau tanya kalo magang di kementerian perdagangan itu gampang gak sih dapet ijinnya ?...soalnya pingin juga magang disitu ...trus dapetin datanya susah gak?..makasih

    ReplyDelete

COBA BACA YANG INI, DEH

Pengalaman Pertama Lolos Google Adsense Wow!

Hai, gimana kabar kalian? Baik? Ada yang berubah nggak dari blog aku? YAP, Sekarang ada IKLAN nya! Ih, kok sekarang ada iklannya sih?...

EH, BANYAK YANG LIHAT!